Tuesday, December 29, 2009

Perang Browser_ IE_Firefox_Opera_Chrome_Safari

Perang Browser IE Firefox Opera Chrome Safari
 
Sekarang banyak sekali Browser yang mengklaim bahwa mereka yang paling cepat di Bumi, The world’s fastest browser. Trus kita yang cuma jadi pemakai ya jadi bingung kan. Sebenarnya semua sama tujuannya, mengembangkan teknologi menjadi yang tercepat. Direkomendasikan menggunakan versi terakhir karena hasil dari pengembangan script-script dan inovasi dari pengembang software-software tersebut. 

Kita harus bijak dalam memilih, terkadang kita fanatik pada merk tertentu, terkadang kita juga sudah merasa nyaman dan tidak mencoba yang lain. Kalo pake browser yang lemot malah bikin emosi, marah-marah, cpu di pukulin/modem dibanting karena lambat minta ampun. Walah… kalo rusak barang-barangnya kita bisa tekor sendiri dong?

Malah sekarang banyak Perusahaan pengembang Browser menanamkan berbagai macam inovasi maupun fitur2 canggih di softwarenya. Opera mengatakan bahwa kecepatannya mampu mencapai 80 %, dengan persentase itu, dapat dikatakan browser ini lebih cepat daripada browser lain, juga karena kecepatan loading pagenya. Dilengkapi juga dengan Opera Turbo, mengklaim browser ini dapat menjelajah dunia maya dengan kecepatan turbo.. woww. 

Untuk browser Safari, Nitro Engine adalah mesin JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan JavaScript pada browser Safari sampai 30x lipat lebih cepat. Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan performa HTML (HyperText Markup Language) di browser ini sehingga kemampuan membuka halamannya tiga kali lebih cepat dibanding Internet Explorer maupun Firefox, katanya sih. 

Untuk Chrome yang juga platform dari Google. Browser ini memiliki waktu loading cepat saat pertama kali dijalankan, mendukung multitab dan terasa mantap tampilannya. Dilengkapi dengan skin yang banyak dan bagus-bagus. 

Untuk Firefox banyak tambahan widget/add-ons nya, untuk versi terakhir yang Saya gunakan cukup cepat. Ini salah satu browser yang paling lama Saya pakai Oiya, ada juga Minefield (Firefox other version) dari Mozilla, Mozilla Minefield adalah versi alpha/pre-release dari Mozilla Firefox. Menurut keterangan resmi pihak Mozilla selaku pengembang browser, Mozilla Minefield merupakan browser tercepat di planet ini dengan kecepatan render JavaScript 10% lebih cepat dari Google Chrome. Ini juga patut dicoba. 

Kalau IE tidak usah dibahas.

Aduhh… jadi bingung memilih mana yang paling cocok buat kita. Masing-masing mengklaim mereka yang terhebat dan tercepat di dunia, weleh-weleh… Mendingan dicoba satu2 mana yang paling bagus dan cocok menurut kalian sendiri. Bagus tidaknya kan relative menurut kalian, kalo memakai kan bisa merasakan sendiri. Pastilah semua ada kelebihan maupun kekurangannya.

0 comments:

Post a Comment