Tuesday, August 17, 2010

Menyelam di Wakatobi dibaratkan Menjelajahi Laut- Laut di Dunia

Menyelam di Wakatobi dibaratkan Menjelajahi Laut- Laut di Dunia

"Jumlah jenis karang di seluruh dunia ada 850 jenis. Di Wakatobi, ada 750 jenis terumbu karang. Sehingga ketika Anda menyelam di Wakatobi, sesungguhnya Anda sudah dianggap menjelajahi hampir seluruh karang dunia," kata Ir.Hugua (Bupati Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara), kepada sejumlah wartawan di Wakatobi, seusai menyelam di dasar laut Pantai Sombu, setelah pengibaran Merah Putih di dasar laut tersebut.

Menurut Hugua, di laut Karibia yang banyak menyedot penyelam kelas dunia, hanya memiliki 50 jenis terumbu karang, sedangkan di laut Atlantik hanya terdapat 350 jenis terumbu karang, dan di Laut Merah ada 300 jenis terumbu karang.

Beliau menemukan jenis karang tersebut di sekitar pulau Hoga," katanya.

Hugua mengatakan, jenis karang di dasar laut Wakatobi, bisa saja masih bertambah dari 750 jenis, kalau para ahli biologi laut melakukan penelitian. Produksi terumbu karang-karang hasil budidaya ini, kami sudah menjalin kerja sama dengan Mr Klaiten, pengusaha karang dari Inggris. Ia membutuhkan 250 juta anakan karang per tahun, untuk memasok kebutuhan karang di pasar Eropa," katanya.

Harga per satu anakan karang senilai Rp200 ribu sampai Rp400 ribu, tergantung dari jenis karang," katanya.

Begitu kayanya laut kita ini, sampai-sampai tidak ternilai harganya. Tidak heran bila bangsa-bangsa lain begitu iri terhadap kekayaan alam negara kita.

Disadur dari republika.co.id



Membuat Kapal Perang, PT PAL Butuh 1500 Pekerja.

0 comments:

Post a Comment