Tuesday, December 22, 2009

Cara Membuat Rekening Paypal

Panduan Dalam Membuat Rekening Paypal

Apabila kita akan berbisnis online di internet. Terkadang kita diwajibkan mempunyai rekening paypal untuk proses pembayaran atau untuk keperluan transaksi. Akan tetapi ada teman-teman yang masih kesulitan dalam mendaftarkan paypal dikarenakan harus dimintai data kartu kredit. Padahal mereka belum punya kartu kredit. Apalagi bagi teman-teman yang masih kuliah atau masih sekolah dan baru memulai berbisnis lewat internet, ini pasti akan sangat sulit bagi mereka.


Nah, disini saya akan memberikan pernyataan bahwa dalam membuat rekening paypal kita sama sekali tidak membutuhkan kartu kredit.

Saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh (step by step) agar anda berhasil dalam memiliki rekening paypal.

Pertama-tama kita wajib dan harus membuka websitenya. Silahkan anda mengunjungi websitenya disini untuk memulainya.

Setelah anda masuk, anda akan disuguhi dengan sebuah konfirmasi, anda tekan saja tombol Sign Up Today.

Selanjutnya anda akan sampai dihalaman awal pendaftaran. Anda pilih negara Indonesia terlebih dahulu.

Setelah itu anda diminta memilih jenis rekening yang ditawarkan, ada tiga pilihan didalamnya yaitu Pribadi, Primer, dan Bisnis. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan anda. Saya anjurkan untuk memilih Pribadi/Primer. Atau suatu saat saya menganjurkan untuk anda memiliki kedua-duanya. Karena paypal memperbolehkan kita untuk memiliki maksimal dua rekening dengan data diri yang sama akan tetapi dengan jenis rekening yang berbeda. Kalo pilihan Bisnis untuk yang menggunakan nama kelompok atau perusahaan.

Langkah selanjutnya masukkan datadiri anda dengan datadiri anda yang benar, “jangan takut datadiri anda akan di salah gunakan oleh paypal,” karena paypal merupakan salah satu perusahaan rekening online (e-currency) paling besar di dunia yang telah melayani 190 negara, termasuk Indonesia. mereka telah memiliki credibility yang baik di dunia internasional. Sampai tahap ini semoga anda paham.

Oke, kita lanjutkan setengah perjalanan kita.
Dalam pengisian form ini perlu diperhatikan, dalam pengisian data nama depan, nama tengah, & nama belakang. Nama tengah tidak di wajibkan untuk anda isi. Akan tetapi apa yang terjadi jika seseorang hanya mempunyai satu nama, misalnya Budi saja. “Bagaimana mereka harus mengisi nama belakang mereka, jika kenyataanya kolom tersebut memang wajib untuk di isi pada saat pendaftaran?” Apabila anda menemukan contoh kasus seperti ini, atau mungkin anda sendiri yang mengalaminya, maka caranya dengan melakukan “pengulangan” nama depan sebagai nama belakang, atau jika anda memiliki gelar, anda pun dapat menggunakan gelar tersebut sebagai nama belakang anda, begitulah solusinya.

Pada kolom pengisian paling bawah anda akan diminta untuk memasukan data kartu kredit. “Ingat!!!”, ini pilihan!, Opsional, jadi anda diperbolehkan untuk tidak memasukkan data tesebut jika anda belum memiliki kartu kredit tersebut. Yang perlu anda lakukan hanya menghilangkan checklist/centang dihalaman tempat anda diminta memasukkan data kartu kredit tersebut. Setelah anda “menghilangkan checklist” nya, anda dapat kembali berlanjut dengan mengklik tombol “Saya setuju, buatkan rekening saya”.

Pada halaman selanjutnya anda akan di minta kembali untuk memasukkan data kartu kredit anda, namun sebetulnya pada tahap ini rekening paypal anda sudah jadi!, jika anda tidak percaya maka silahkan anda mencoba untuk mengklik link yang bertulisan “Masuk ke Rekening saya” yang dapat anda temukan pada bagian bawah halaman tersebut.

Selanjutnya anda dapat melihat tampilan rekening paypal yang baru saja anda buat dengan status yang belum terverifikasi:

Untuk proses verifikasi nanti bisa anda lakukan kapan saja jika anda sudah memiliki kartu kredit atau anda bisa memanfaatkan jasa VCC (Virtual Credit Card) jika anda kesulitan untuk mendapatkan kartu kredit untuk verifikasi. Di internet banyak sekali yang menjual yang namanya VCC dengan harga yang bervariasi tapi umumnya masih berkisar (+-) 75 ribu rupiah atau di bawah $10USD. “Apa yang terjadi ketika anda memverifikasi rekening paypal anda dengan kartu kredit nanti?” Paypal akan menarik biaya sebesar $1.95 USD dari kartu kredit anda dalam proses pem-verifikasian tersebut, nah uang ini (yang $1.95 USD) dalam kurun waktu kurang dari 48 jam akan dikembalikan ke rekening paypal anda. Jadi… sebenarnya tidak ada biaya dalam proses pem-verifikasian rekening paypal apabila kita memang memiliki kartu kredit. Sementara pada VCC, setelah kita memverifikasi rekening paypal kita dengan menggunakan VCC, rekening paypal kita pun akan di isi sebesar $1.95 USD segera setelahnya, dan dana selebihnya biasanya hanya sebagai uang jasa kepada si penyedia layanan VCC itu sendiri. “Lalu apa yang dapat anda lakukan dengan sebuah rekening paypal yang belum terverifikasi?”

Rekening paypal yang belum terverifikasi sudah dapat anda pergunakan untuk menerima kiriman uang dari rekening paypal manapun dari seluruh dunia tanpa batasan!(limit), bahkan andapun masih bisa mempergunakan rekening paypal anda yang belum terverifikasi ini untuk melakukan transfer uang ke rekening paypal lainnya selama proses akumulasi transfernya tidak melampaui limit $100 USD.

Dan yang terpenting paypal sama sekali tidak membebani kita dengan biaya administrasi setiap bulan seperti apabila kita memiliki rekening tabungan bank, sehingga uang yang kita kumpulkan sama sekali tidak akan berkurang apabila kita tidak melakukan transaksi, & hanya mempergunakan paypal untuk menerima pembayaran saja.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.
Salam jabat erat...

Langkah-Langkah Membuat Blog di Blogger.
by: Rahmat Dharmawan

1 comment: