Monday, February 6, 2012

Custom Domain Blogger di Rumahweb.com

Custom Domain Blogger di Rumahweb.com

Apabila Anda ingin mengganti nama domain Anda yang dari bloogger menjadi nama domain pribadi Anda. Misalnya: settingdomain.blogspot menjadi settingdomain.com. Apabila Anda beli domainnya dirumah web, maka caranya cukup mudah, apabila beli domain ditempat lain kemungkinan settingannya sama. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:
  • Settingan di Blogspot
Silahkan anda login ke account blogspot anda, lalu pilih Publishing atau jika menggunakan bahasa indonesia anda pilih Publikasi. Halaman Publikasikan akan terlihat seperti gambar berikut:

Halaman Publikasi

Dihalaman tersebut anda klik link Domain Ubahsesuaian dan anda akan diarahkan dihalaman berikutnya. Di halaman tersebut anda pilih Beralih ke pengaturan lanjut, dan disinilah anda mensetting domain anda. Pada kolom Domain, silahkan masukan url domain anda, misalnya www.namadomainku.com. lalu di bagian bawahnya masukan verifikasi kata dan klik tombol dibawahnya.

pengaturan lanjut Domain Ubahsesuaian

Google mengharuskan kita mengubah cName Record ke server mereka. jika anda mempunyai account hosting di rumahweb.com, anda bisa menghubungi support rumahweb.com untuk minta mengarahkan cName Record www dan domain anda ke ghs.google.com. Namun jika hanya memiliki layanan domain .TLD saja di Rumahweb, anda bisa melakukan perubahan DNS melalui domain panel di alamat http://domcpanel.rumahweb.com.
  • Petunjuk singkat setting DNS dari domain panel di Rumahweb:
Setelah berhasil login, pilih menu domain >> list all order >> kemudian pilih nama domain. Selanjutnya pada bagian DNS management , klik Manage DNS.
Yang perlu dilakukan adalah 
  1. Membuat record cname baru (www) yang diarahkan ke ghs.google.com. 
  2. Membuat 4 konfigurasi A record ( tanpa www ) dimana masing2 diarahkan ke ip address berikut 216.239.32.21 , 216.239.34.21 , 216.239.36.21, dan 216.239.38.21

2 comments:

  1. Blogwalking ya mas ^^ coba2 custom doamin juga deh nanti, saya sambil review2 hostingan juga nih, heheh untuk saat ini saya pakai hosting di http://jaringanhosting.com/ ,

    ReplyDelete
  2. thanks gan atas infonya ....

    ReplyDelete